Mengenal Kontes SEO

gambar kontes seo
Edulogi - Mengenal Kontes SEO. Untuk mengenal lebih jauh tentang kontes SEO, lebih baiknya jika kita kenal dulu Apa Itu SEO? Menurut Wikipedia, SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Atau secara singkatnya adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan posisi teratas di dalam hasil pencarian. Lebih jelasnya bisa Anda lihat dipostingan sebelumnya yang membahas tentang Apa Itu SEO?.

Apa itu kontes SEO?
Jika Anda sudah memahami tentang SEO, selanjutnya kita beralih ke pokok pembahasan kita mengenai kontes SEO. Kontes SEO itu sendiri adalah perlombaan antarblog atau web dalam pengoptimalan kata kunci yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara untuk mencapai posisi teratas di search engine dalam periode yang ditentukan. Kontes SEO biasanya diperuntukkan untuk blog personal atau pribadi, di mana pengelola blog tersebut diminta membuat artikel terkait dengan tema yang ditetapkan penyelenggara lomba. Biasanya kontes SEO berjalan selama 2-3 bulan. Dalam periode tersebut, peserta diharapkan melakukan optimalisasi agar artikel yang dibuatnya berada diposisi teratas search engine sesuai dengan keyword yang ditentukan penyelenggara. Biasanya search engine yang digunakan adalah Google. Peserta yang blognya berada di posisi teratas search engine sampai batas waktu yang ditentukan, maka berhak mendapatkan hadiah yang dijanjikan pada awal lomba oleh penyelenggara. Hadiah biasanya untuk 3 besar, 10 atau bahkan 20 besar posisi di search engine.
Kadang kala untuk mencapai posisi teratas, ada segelintir orang menggunakan teknik SEO yang curang atau yang biasa disebut Teknik SEO BlackHat. Untuk mengantisipasi kecurangan, penyelenggara biasanya membuat serangkaian peraturan demi terwujudnya perlombaan yang adil. Peraturan umum yang biasa digunakan dalam kontes SEO adalah sebagai berikut:
  • Artikel yang original atau tidak boleh hasil copy paste dari blog orang lain
  • Dilarang menggunakan teknik SEO blackhat
  • Di dalam artikel harus ada link yang menuju ke website penyelenggara
  • Harus memasang banner kontes SEO yang diikuti di blog
  • Dilarang keyword lomba dijadikan nama domain blog
  • Isi artikel tidak boleh mengandung unsur negatif
Jika Anda tertarik mengikuti kontes SEO, sebaiknya Anda harus membenah blog Anda agar bisa SEO friendly. Jangan mengikuti kontes SEO hanya bermodal nekat saja karena jika ingin juara, Anda harus mempunyai blog yang bisa bersaing dengan blog lain. Jangan berharap terlalu tinggi jika yang mengikuti kontes SEO adalah blog yang mempunyai pagerank tinggi. Jika masih pemula, Anda bisa ikuti untuk menambah pengalaman atau mungkin mempelajari strategi blog-blog senior supaya nanti bisa juga meraih sukses. Berikut ini adalah artikel kontes SEO yang diikuti blog ini:

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus