Apa Itu SEO

gambar seo
Edulogi - Apa itu SEO. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai SEO, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu search engine? Search engine atau bagi orang Indonesia menyebutnya mesin pencari adalah sebuah program atau aplikasi website yang bertugas untuk melakukan pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci yang kita masukkan pada form pencarian.
Search engine memang erat kaitannya dengan SEO, karena kepanjangan dari SEO itu sendiri adalah Search Engine Optimization. Menurut Wikipediag, SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Atau secara singkatnya adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan posisi teratas di dalam hasil pencarian.
Ilmu SEO muncul pada tahun 1997. Mesin pencari pada masa sebelumnya memiliki banyak kekurangan, antara lain mengindeks situs-situs yang di dalamnya terdapat banyak kata kunci dan link, padahal website tersebut sama sekali tidak punya hubungan dengan kata kunci yang kita cari. Dengan kondisi itu, tentu ada yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan. Bahkan mesin pencari terkenal seperti GoogleYahoo, dan Bing tidak mampu atau sulit membedakannya. Dengan sistem ini, bukan tidak mungkin website yang dikelola dengan teknik SEO yang bersih justru terdepak dari mesin pencari, sementara yang curang justru berjaya.
Namun dengan berjalannya waktu dan pemanfaatan internet semakin buming, maka kemampuan memahami teknik SEO akan semakin menguntungkan apalagi jika tujuan kita ingin berbisnis online. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang pemasaran berbasis web atau blog untuk mendapatkan penghasilan online.
Dengan berbagai macam keuntungan, banyak orang yang berlomba-lomba membuat blog, website, dan forum agar menjadi yang teratas di mesin pencari.

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus